counter
English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Senin, 22 Oktober 2012

Suzuki SJ410 LWB 1987

Modifikasi Off-road
SUZUKI SJ410 LWB 1987, "Penipu Ulung"
 
 

KANAL 4Modifikasi

JIP - ”Percaya nggak, ini aslinya Suzuki Jimny LWB 5 pintu karoseri lo,” jujur Andra Andhika Nazer pemilik jip Suzuki keluaran 1987. Mulanya JIP menyangka sosok Suzuki Jimny kompetisi ini adalah versi asli long wheel base bukan hasil karoseri. Ternyata tertipuu...! Hehehehe...

Pemilik yang juga pengusaha clothing berlabel WKND asal Bandung, Jawa Barat ini menceritakan alasan membangun Jimny tunggangan andalan untuk kompetisi. Sebenarnya  hobi Andra adalah merestorasi kendaraan 4X4. Ia selalu merasa sayang menggunakan beberapa jip koleksinya meskipun untuk sekadar off-road ringan. “Kena air hujan saja saya merasa nggak tega,” celotehnya.

Tapi di lubuk hati paling dalam Andra merasa tertantang mengikuti kompetisi off-road. Saat terhembus kabar adanya kelas khusus 4 silinder 1.000 cc di kompetisi speed off-road, tekad Andra semakin bulat. Ia ingin membangun tunggangan kompetisi demi menyalurkan hasrat bejek gas. 

“Speed off-road rasanya masih memungkinkan untuk mempertahankan wujud asli jip. Masih enak dilihat tapi kencang larinya,” tutur penggemar trail adventure ini. Maka Suzuki SJ410 LWB 1987 yang berhasil dibelinya segera akan dirombak. 

Setelah tertipu dengan basis Suzuki Jimny LWB tersebut, JIP merasa tertipu lagi begitu mengamati detail Suzuki Jimny ini. Dugaan bertaburan parts kompetisi ternyata tidak ditemukan. Selain balutan livery dan rollbar di sekujur bodi yang menyiratkan kendaraan kompetisi, jip mungil yang mengantar pemiliknya ke podium juara nasional speed off-road 2011 kelas G 1.1 1000 cc ini, ternyata mempertahankan komposisi parts standar bawaan kendaraan. Wah, mantab!

Tidak ada perubahan besar yang terlihat dilakukan oleh sang pemilik untuk bersaing di kompetisi. Garis bodi Suzuki Jimny masih terlihat utuh tanpa diwarnai dengan ”pembantaian” body parts seperti jip kompetisi kebanyakan. 
Hmmm...kira-kira banyak rival yang tertipu juga nggak yah? 


Mesin 
Biar kompetitif bertarung di kelas 1.000 cc oleh bengkel Progressive, mesin F10A dioverhaul. Selain dibalans ulang dan menaikkan kompresi, yang terlihat di ruang mesin hanyalah penambahan header berkonfigurasi 4-2-1 dari bahan stainless steel, kabel busi berdiameter lebih besar dan penggantian karburator comotan dari Mitsubishi T120SS. 
Tidak lupa Andra melengserkan kipas mesin standar dan menggantinya dengan kipas elektrik. Filter udara bawaan asli mobil pun ternyata masih terpasang. Supaya kuat menopang mesin, engine mounting diracik ulang dari bahan teflon. 

Gardan kaki-kaki
Mengantisipasi gardan pengkang, dua gardan bawaan Jimny SJ410 telah direinforce agar lebih kuat. Pemilihan final gir 9:41 dirasa cukup untuk tipikal trek speed off-road. Dudukan per di ramu ulang dengan bahan yang lebih tebal dan kuat tentunya. Sayang Andra lupa diracik dari per milik kendaraan apa. Stabiliser bawaan Jimny juga masih dipertahankan demi menjaga stabilitas saat kecepatan tinggi. 

“Cuma ini saja yang parts kompetisi,” ujar Andra sembari menunjukkan sokbreker Fox Racing reservoir di keempat ruang rodanya. Urusan kaki-kaki diserahkan bengkel Volcano di daerah Muhammad Toha, Bandung.

Ban dan pelek
Kombinasi pelek merk Navy dipadu ban Kumho Venture ukuran 235/75/R15  dirasa pas oleh Andra. Manuver Jimny terasa lebih gesit dan traksi tak mudah tekor.

Eksterior
Desain bumper menggunakan pipa besi, makin mengentalkan ciri khas tunggangan speed off-road. Tambahan dua buah lampu sorot Hella untuk mengantisipasi stage malam hari di bemper depan.

Penambahan sidebar disiapkan untuk mengantisipasi benturan dari samping.

Over fender dari bahan busa ati cukup efektif menahan cipratan dari arah roda 

Spion dicomot dari Suzuki Caribian. Ternyata lampu tembak PIAA di pilar A masih diperlukan untuk bikin malam hari serasa siang. 

Spoiler targa ala Jimny JDM....Hmmm, bisa jadi tren baru nih. 

Interior 
Dasbor dikastem dari bahan alumunium. Namun cluster speedometer bawaan Jimny tetap digunakan, hanya posisinya saja yang dipindah ke tengah. Pemilihan setir celong dari Momo, tidak lupa engine cut off sebagai salah satu syarat kendaran kompetisi dipasang. 

Aroma kompetisi pada kabin, tercium dari pemilihan jok lansiran summit dipadu safety belt 4 titik dari Crow Enterprises. 

Rollbar 6 titik dari besi seamless schedule 40 menambah percaya diri Andra ketika memacu Jimny kompetisinya di trek.

Girboks OEM Jimny 4 percepatan maju disandingkan dengan transfercase OEM Jimny tetap dipertahankan. Agar tahan banting pelat kopling mengandalkan dari comotan salah satu hatchback keluaran Toyota. 

Spesifikasi Teknis 
Sasis 
 SJ410 LWB 1987 (potong 20 Cm)

Bodi 
Custom dari Jimny Karoserie

Mesin 
F10A 4 silinder inline 1.000 cc

Transmisi 
4 speed (OEM Jimny SJ410) 

Transfecase 
2 speed (OEM Jimny SJ410)

Gardan 
OEM Jimny  SJ410 (reinforced)

Final gir 
9.41

Per 
Custom 

Sokbreker 
FOX Resevoir (depan)
FOX Resevoir (belakang)

Ban 
KUMHO Venture 235/75/15

Pelek 
Navy 7 x 15

Pengapian 
Mallory

Lampu Sorot 
PIAA, Hella

Stir 
Momo

Jok 
Summit

Safety Belt
Crow Enterprises

Bengkel 
VOLCANO
      Jl. Mohammad Toha 276 Bandung
      (022 5205658)
      PROGRESSIVE
      Jl. Tubagus Ismail No. 40 



resource by : jip.co.id