Modifikasi Off-road
SUZUKI SJ410 LWB 1987, "Penipu Ulung"
SUZUKI SJ410 LWB 1987, "Penipu Ulung"
KANAL 4Modifikasi
Rabu, 03 Oktober 2012 12:24 WIB
JIP - ”Percaya nggak, ini aslinya Suzuki
Jimny LWB 5 pintu karoseri lo,” jujur Andra Andhika Nazer pemilik jip
Suzuki keluaran 1987. Mulanya JIP menyangka sosok Suzuki Jimny
kompetisi ini adalah versi asli long wheel base bukan hasil karoseri.
Ternyata tertipuu...! Hehehehe...
Pemilik yang juga pengusaha clothing berlabel WKND
asal Bandung, Jawa Barat ini menceritakan alasan membangun Jimny
tunggangan andalan untuk kompetisi. Sebenarnya hobi Andra adalah
merestorasi kendaraan 4X4. Ia selalu merasa sayang menggunakan beberapa
jip koleksinya meskipun untuk sekadar off-road ringan. “Kena air hujan
saja saya merasa nggak tega,” celotehnya.
Tapi di lubuk hati paling dalam Andra merasa tertantang
mengikuti kompetisi off-road. Saat terhembus kabar adanya kelas khusus 4
silinder 1.000 cc di kompetisi speed off-road, tekad Andra semakin
bulat. Ia ingin membangun tunggangan kompetisi demi menyalurkan hasrat
bejek gas.
“Speed off-road rasanya masih memungkinkan untuk
mempertahankan wujud asli jip. Masih enak dilihat tapi kencang larinya,”
tutur penggemar trail adventure ini. Maka Suzuki SJ410 LWB 1987 yang
berhasil dibelinya segera akan dirombak.
Setelah tertipu dengan basis Suzuki Jimny LWB tersebut,
JIP merasa tertipu lagi begitu mengamati detail Suzuki Jimny ini. Dugaan
bertaburan parts kompetisi ternyata tidak ditemukan. Selain balutan livery
dan rollbar di sekujur bodi yang menyiratkan kendaraan kompetisi, jip
mungil yang mengantar pemiliknya ke podium juara nasional speed off-road
2011 kelas G 1.1 1000 cc ini, ternyata mempertahankan komposisi parts
standar bawaan kendaraan. Wah, mantab!
Tidak ada perubahan besar yang terlihat dilakukan oleh
sang pemilik untuk bersaing di kompetisi. Garis bodi Suzuki Jimny masih
terlihat utuh tanpa diwarnai dengan ”pembantaian” body parts seperti jip
kompetisi kebanyakan.
Hmmm...kira-kira banyak rival yang tertipu juga nggak yah?
Mesin
Biar kompetitif bertarung di kelas 1.000 cc oleh bengkel Progressive, mesin F10A dioverhaul.
Selain dibalans ulang dan menaikkan kompresi, yang terlihat di ruang
mesin hanyalah penambahan header berkonfigurasi 4-2-1 dari bahan stainless steel, kabel busi berdiameter lebih besar dan penggantian karburator comotan dari Mitsubishi T120SS.
Tidak lupa Andra melengserkan kipas mesin standar dan
menggantinya dengan kipas elektrik. Filter udara bawaan asli mobil pun
ternyata masih terpasang. Supaya kuat menopang mesin, engine mounting
diracik ulang dari bahan teflon.
Gardan kaki-kaki
Mengantisipasi gardan pengkang, dua gardan bawaan Jimny SJ410 telah direinforce
agar lebih kuat. Pemilihan final gir 9:41 dirasa cukup untuk tipikal
trek speed off-road. Dudukan per di ramu ulang dengan bahan yang lebih
tebal dan kuat tentunya. Sayang Andra lupa diracik dari per milik
kendaraan apa. Stabiliser bawaan Jimny juga masih dipertahankan demi
menjaga stabilitas saat kecepatan tinggi.
“Cuma ini saja yang parts kompetisi,” ujar Andra sembari
menunjukkan sokbreker Fox Racing reservoir di keempat ruang rodanya.
Urusan kaki-kaki diserahkan bengkel Volcano di daerah Muhammad Toha,
Bandung.
Ban dan pelek
Kombinasi pelek merk Navy dipadu ban Kumho Venture ukuran
235/75/R15 dirasa pas oleh Andra. Manuver Jimny terasa lebih gesit dan
traksi tak mudah tekor.
Eksterior
Desain bumper menggunakan pipa besi, makin mengentalkan
ciri khas tunggangan speed off-road. Tambahan dua buah lampu sorot Hella
untuk mengantisipasi stage malam hari di bemper depan.
Penambahan sidebar disiapkan untuk mengantisipasi benturan dari samping.
Over fender dari bahan busa ati cukup efektif menahan cipratan dari arah roda
Spion dicomot dari Suzuki Caribian. Ternyata lampu tembak PIAA di pilar A masih diperlukan untuk bikin malam hari serasa siang.
Spoiler targa ala Jimny JDM....Hmmm, bisa jadi tren baru nih.
Interior
Dasbor dikastem dari bahan alumunium. Namun cluster speedometer bawaan Jimny tetap digunakan, hanya posisinya saja yang dipindah ke tengah. Pemilihan setir celong dari Momo, tidak lupa engine cut off sebagai salah satu syarat kendaran kompetisi dipasang.
Aroma kompetisi pada kabin, tercium dari pemilihan jok lansiran summit dipadu safety belt 4 titik dari Crow Enterprises.
Rollbar 6 titik dari besi seamless schedule 40 menambah percaya diri Andra ketika memacu Jimny kompetisinya di trek.
Girboks OEM Jimny 4 percepatan maju disandingkan dengan
transfercase OEM Jimny tetap dipertahankan. Agar tahan banting pelat
kopling mengandalkan dari comotan salah satu hatchback keluaran Toyota.
Spesifikasi Teknis
Sasis
SJ410 LWB 1987 (potong 20 Cm)
Bodi
Custom dari Jimny Karoserie
Mesin
F10A 4 silinder inline 1.000 cc
Transmisi
4 speed (OEM Jimny SJ410)
Transfecase
2 speed (OEM Jimny SJ410)
Gardan
OEM Jimny SJ410 (reinforced)
Final gir
9.41
Per
Custom
Sokbreker
FOX Resevoir (depan)
FOX Resevoir (belakang)
Ban
KUMHO Venture 235/75/15
Pelek
Navy 7 x 15
Pengapian
Mallory
Lampu Sorot
PIAA, Hella
Stir
Momo
Jok
Summit
Safety Belt
Crow Enterprises
Bengkel
VOLCANO
Jl. Mohammad Toha 276 Bandung
(022 5205658)
PROGRESSIVE
Jl. Tubagus Ismail No. 40
resource by : jip.co.id